Detail Berita

Kegiatan Pembinaan Perpustakaan di Desa Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur

Kegiatan Pembinaan Perpustakaan di Desa Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur
Keterangan Gambar : Kegiatan Pembinaan Perpustakaan di UPTD SDN Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur

Kegiatan Pembinaan Perpustakaan di UPTD SDN Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur


Pada  Rabu, 2 Juni 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Kegiatan Pembinaan Perpustakaan di Desa Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur. Kegiatan layanan perpustakaan keliling dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala DISPUSIP Kabupaten Tanah Laut Nomor 041.1/11/DISPUSIP-PERPUS/V/2021.

Untuk mengatasi kesenjangan informasi ini, pemerintah daerah (pemda) berusaha memberikan layanan informasi tertulis kepada masyarakat pedesaan antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan keliling (mobile library). Layanan jenis ini perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat, agar mereka dapat memanfaatkan perpustakaan keliling sebagai suatu sarana pengembangan pribadi dalam pendidikan nonformal. Perpustakaan keliling merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan nonformal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Perpustakaan keliling disini adalah merupakan perpustakaan umum untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau atau sulit dijangkau oleh pelayanan perpustakaan umum mengingat keterbatasan dan kelemahan perpustakaan umum.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mendekatkan informasi kepada masyarakat desa, karena mereka belum mampu memperoleh informasi secara mandiri. Dengan kata lain, hakekat keberadaan perpustakaan keliling adalah pelayanan bagi pembaca. Apa pun bentuk operasionalnya, yang penting bahan bacaan dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh publik pembaca.

Semoga kegiatan hari terus dapat dilaksanakan. tetap semangat dan tersenyum, mari bersama tebar energi positif untuk kita semua teman teman. (ade/dispusiptala)

Share this Post:

Tulis Komentar

Link Terkait